Thursday, September 8, 2011

Pola Makan Mempengaruhi Kesuburan

Makanan tertentu memang bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan.
Secara umum, makanan yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin E, seperti kacang-kacangan atau kecambah.


Pola Makan.
Pola makan yang seimbang juga mempengaruhi kesuburan seseorang.
Makanlah yang teratur sebanyak tiga kali sehari dengan selingan buah-buahan. Dalam sehari minimal Anda mengkonsumsi dua buah. Selain itu, tambahkan sayuran dalam menu makan Anda serta kacang-kacangan atau kecambah.
Taoge merupakan salah satu sayur berjenis kecambah yang memiliki kandungan vitamin E yang cukup banyak.

Selain itu, minyak kedelai atau olive oil juga baik untuk dikonsumsi. Tetapi harus tetap diperhatikan dan disesuaikan dengan porsinya. Tidak dibenarkan jika mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup banyak.
Mengurangi makanan yang memiliki kandungan lemak juga baik untuk menjaga kesuburan. Karena jika lemak terlalu tinggi dapat mengganggu sistem hormon.




Menu Makanan Seimbang.
Menu makanan seimbang yang dikonsumsi harus memiliki cukup kalori, karbohidrat, rendah lemak, rendah gula dan protein yang cukup.
Protein ini dibagi menjadi protein hewani dan protein nabati.
Protein hewani bisa didapatkan dari daging, ayam, ikan dan telur, sedangkan protein nabati didapatkan dari jenis kacang-kacangan, kecambah dan sayuran. Protein nabati dan hewani harus berbanding 1:1 setiap kali makan.


Makanan yang Mengandung Vitamin E.
Menu sayuran pun harus bervariasi setiap harinya dan tidak monoton.
Yang terpenting sayuran tersebut mengandung vitamin E yang tinggi.

Jenis sayuran yang memiliki vitamin E tinggi antara lain adalah:
  1. Semua jenis kacang-kacangan atau kecambah.
  2. Brokoli.
  3. Tomat.
  4. Bayam.
Kebutuhan akan karbohidrat, protein dan lemak ukurannya berbeda pada setiap individu. Karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda akan hal tersebut tergantung dari berat badan, tinggi badan dan usia. Secara umum, menjaga pola makan dengan makanan seimbang yang teratur dapat mempengaruhi kesehatan dan meningkatkan sesuburan.

Namun, apabila tubuh Anda agak sedikit gemuk dan belum memiliki anak, sebaiknya Anda menjalankan program penurunan berat badan serta menjaga keseimbangan berat badan sesuai dengan tinggi badan.