Saturday, December 29, 2012

Penanganan Demam pada Anak

Anak adalah titipan Allah SWT, untuk itu kita perlu menjaga dan memelihara serta membekali anak dengan bekal yang sebaik-baiknya. Balita adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, pada masa ini daya tahan tubuh belum terbentuk sempurna, sehingga sering sekali kita menjumpai anak kita menderita sakit seperti batuk, flu dan demam.

Mungkin kita sudah lupa berapa kali membawa anak kita berobat dan berapa kali anak kita meminum obat antibiotik, karena terlalu seringnya anak kita sakit.

PENANGANAN DEMAM ANAK:
Penanganan demam pada anak yang sebisa mungkin dilakukan secara alami, yaitu sebagai berikut:
1. Do’akan anak agar demam (penyakit) hilang.

2. Minum air madu hangat sesering mungkin. Tujuan untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat demam, dan juga membantu menurunkan demam.

3. Kompres tubuh dengan air hangat, jangan menggunakan air es atau alkohol.

4. Dilakukan pemijatan badan (biasanya demam pada anak terjadi karena anak terlalu capai, dan pemijatan berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan merelaksasikan otot).

5. Parut bawang merah 5 siung, tambahkan minyak kelapa (VCO) kemudian balurkan ke seluruh tubuh anak, ditambahkan dengan kerokan pada badan anak menggunakan bawang merah. Bawang merah mengandung minyak astiri, sehingga bisa mengusir demam.

6. Diberikan herba yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan dan bersifat menurunkan demam, antara lain sambiloto, akar alang – alang, meniran dan temulawak.

7. Beri obat penurun demam jika perlu atau demam terlalu tinggi dan ada riwayat kejang karena demam.

8. Jika demam masih berlanjut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Demikian semoga bermanfaat.