Wednesday, March 27, 2013

5 Sumber Makanan Vitamin D untuk Kulit Kering

Cuaca dingin di musim hujan atau pun udara AC berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Kulit menjadi kering dan bahkan bersisik. Untuk mengatasinya, perlu adanya peningkatan kelembaban kulit dengan mengkonsumsi asupan vitamin D secara alami yang bisa didapat dari aneka makanan sehari-hari.

Dalam kondisi normal, kulit dalam tubuh terdiri dari beberapa lapisan khusus yang dirancang untuk bisa mengonversikan radiasi ultraviolet B dari sinar matahari menjadi vitamin D. Namun, proses ini bisa terhambat bila kulit kita kurang mendapatkan paparan sinar matahari seperti saat musim hujan seperti ini.

Kegunaan Vitamin

Karena tubuh kurang terpapar cahaya matahari selama musim hujan, kita dapat mendapatkan asupan vitamin D elalui beberapa makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Hal ini berfungsi agar dapat meningkatkan kelembabab kulit.
Vitamin D sangat penting untuk menjaga keseimbangan jaringan kulit. Sehingga vitamin D pun banyak dipergunakan untuk mengobati masalah pada kulit lainnya seperti:
  1. Vitiligo.
  2. Skleroderma.
  3. Psoriasis.
  4. Keratosis actinic.
  5. Lupus vulgaris.
dan sebagainya.

Selain essensial oil dan vitamin A dan C, vitamin D juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit.
Terdapat hubungan antara vitamin D dengan dehidrasi kulit. Dan dari beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin D sangat penting untuk menjaga keseimbangan kulit.

5 Sumber Makanan Vitamin D untuk Kulit Kering

Asupan vitamin D ini bisa didapat dari beberapa aneka makanan.
Berikut 5 contoh makanan yang mengandung vitamin D dan dapat membantu proble kulit kering, yaitu:

1. Jus Jeruk



Dengan mengkonsumsi jus jeruk satu gelas sehari bisa memenuhi sekitar sepertiga dari jumlah vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat memperkuat kolagen pada kulit yang berfungsi dapat menghambat laju penuaan pada kulit.

2. Yogurt



Selain jus jeruk, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi yogurt. Dengan mengkonsumsi rutin yogurt dapat membantu memenuhi sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D. Tak hanya baik untuk kulit, kandungan probiotiknya mampu mengatasi problem dalam usus dan pencernaan.

3. Ikan Salmon dan Tuna



Jenis ikan tertentu seperti salmon dan tuna juga mengandung vitamin D yang mampu menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D sehari dalam tubuh. Selain vitamin D, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu kulit dan rambut yang kering. Selain ikan, jenis lauk lainnya yang juga mengandung vitamin D adalah telur.

4. Seral Gandum



Gandum juga memenuhi seperempat dari kebutuhan vitamin D harian. Ini bisa didapatkan dari sereal gandum yang bisa dikonsumsi setiap pagi hari sebagai menu sarapan. Gandum juga mengandung serat yang tinggi dan baik untuk menjaga berat badan dan membantu masalah pencernaan.

5. Susu



Dan yang terakhir adalah susu. Sama seperti halnya yogurt, susu juga mengandung vitamin D yang berkhasiat untuk menjaga kelembabab kulit. Inilah alasannya kenapa susu banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam perawatan kulit.