Sunday, May 13, 2012

Penjabaran Definisi Kesehatan Reproduksi

Sudah di jelaskan tentang Definisi Kesehatan Reproduksi sebelumnya, Nah, di postingan super singkat kali ini, penulis akan menjabarkan definisi dari keshatan reproduksi... Chek this out, Guys!


Dalam Programe of Action of The International Conference on Pouplation and Development, Chapter VII, disusun pula definisi Kesehatan reproduksi yang dilandaskan pada definisi sehat menurut WHO, sebagaimana berikut:

"Kesehatan reproduksi adalah keadaan secara fisik, mental, dan sosial secara menyeluruh, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi berikut fungsi-fungsinya dan proses-prosesnya. Ditekankan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk bereproduksi dan punya kebebasan untuk menentukan jika, kapan dan seberapa sering melakukannya. Secara implisit adalah hak laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan informasi dan mendapatkan akses pada perencanaan keluarga yang aman, efektif, terjangkau dan layak, atas pilihan sendiri, sebagaimana juga cara-cara untuk mengatur kesuburannya, yang tidak melanggar hukum, dan hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang akan memungkinkan perempuan untuk menjalani kehamilan dan persalinan yang aman. Pelayanan kesehatan reproduksi juga termasuk kesehatan seksual, dengan tujuan perbaikan kehidupan dan hubungan pribadi."

Kartono Muhammad, 1998 memberikan penjelasan berdasarkan definisi tersebut yaitu, agar dapat melaksanakan fungsi reproduksi secara sehat, dalam pengertian fisik, mental maupun sosial, diperlukan beberapa syarat:
  • Pertama, tidak ada kelainan anatomis atau fisiologis baik pada perempuan maupun laki-laki.
  • Kedua, baik laki-laki maupun perempuan memerlukan landasan psikis yang memadai agar perkembangan emosinya berlangsung baik.
  • Ketiga, setiap orang hendaknya terbebas dari kelainan atau penyakit yang baik langsung maupun tidak langsung mengenai organ reproduksinya.
  • Keempat, seorang perempuan hamil memerlukan jaminan bahwa ia akan melewati masa tersebut dengan aman.