Friday, May 18, 2012

Semua yang Ingin Kamu Tahu Tentang Masa Puber (1)

Puber?

Apa itu Puber? Puber adalah sebutan saat tubuhmu mulai berkembang dan berubah. Saat Puber, tubuh kamu akan tumbuh lebih cepat dari pada semua waktu yang kamu jalani dalam hidupmu - kecuali ketika kamu masih bayi/infant (0-24 bulan). Saat kamu bayi/infant, tubuhmu tumbuh dengan cepat dan kamu belajar sesuatu yang baru —  kamu akan mengalami hal ini dan akan lebih banyak terjadi di masa puber. Bedanya, dimasa puber udah nggak ada popok lagi atau celotehan nggak jelas, yang berarti kamu harus mengurus dirimu sendiri.

Ini baik buat kamu untuk mengetahui tentang perubahan yang terjadi pada masa puber sebelum masa puber itu datang. Dan sangat penting untuk diingat bahwa semua orang akan dan pernah melalui hal tersebut. Tidak peduli dimana kamu tinggal, apakah kamu perempuan atau laki-laki, atau apakah kamu suka hip-hop atau musik rock, kamu akan mengalami perubahan yang terjadi pada saat puber. Tidak ada orang yang persis sama di dunia ini. Tapi suatu kesamaan pada orang dewasa, bahwa mereka sudah berhasil melewati masa pubernya.

Waktunya untuk berubah!

Ketika tubuhmu mencapai usia tertentu, otakmu akan melepaskan hormon spesial yang akan memulai perubahan-perubahan pada masa puber. Ini disebut dengan gonadotropin-releasing hormone (GnRH). Ketika GnRH mencapai pituitary gland/kelanjar pituitari (kelanjar berbentuk kacang polong yang berada dibawah otak). Kelenjar ini mengeluarkan dua hormon puber ke dalam darah: luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone(FSH). Laki-laki dan perempuan memiliki kedua hormon ini di dalam tubuhnya. Dan tentu saja pada laki-laki dan perempuan, hormon ini bekerja pada bagian tubuh yang berbeda.


Untuk laki-laki, hormon ini melakukan perjalanan melalui darah dan memberikan signal pada testis untuk memulai memprodukis testosteron dan sperma. Testosteron adalah hormon yang menyebabkan terjadinya banyak berubahan pada tubuh laki-laki pada masa puber. Sel-sel sperma harus diproduksi pada laki-laki untuk reproduksi.

Pada perempuan, target dari FSH dan LH adalah ovarium, yang berisi telur-telur yang sudah ada di sana sejak lahir. Hormon ini merangsang ovarium untuk mulai memproduksi hormon lainnya yang disebut dengan estrogen. Estrogen, bersama dengan FSH dan LH, menyebabkan tubuh wanita menjadi matang dan mempersiapkannya untuk kehamilan.

Jadi itulah yang sebenarnya terjadi pada masa puber — bahan-bahan kimia baru ini bergerak di dalam tubuhmu dan merubahmu dari seorang remaja menjadi seorang yang dewasa dengan kadar hormon dewasa.

Masa puber biasanya dimulai antara umur 8-13 pada perempuan dan 10 - 15 pada laki-laki. Beberapa orang memulai masa pubernya sedikit lebih awal atau lebih lambat. Setiap orang sedikit berbeda, jadi setiap orang memulai dan melalui masa pubernya sesuai dengan jadwal tubuhnya sendiri. Ini adalah alasan mengapa beberapa dari temanmu masih terlihat seperti anak kecil, sedangkan yang lainnya terlehat lebih dewasa.

ditranslate dan di modifikasi dari artikel Everything You Wanted to Know About Puberity


to be continue....