Friday, July 15, 2011

Gejala Infeksi Cacing Pada Anak

Untuk bayi, selain memikirkan infeksi cacing, mungkin perlu difikirkan terlebih dahulu infeksi pada saluran pencernaan anak yang disebabkan oleh virus atau bakteri.
Infeksi cacing biasanya dapat disertai dengan berkurangnya nafsu makan, berat badan yang sulit naik, akan tetapi jarang sekali disertai dengan panas tinggi.





Apabila gejala demam cukup mendominasi apalagi disertai dengan feses berbau, kemungkinan besar infeksi bakteri tidak dapat disingkirkan.
Infeksi bakteri lebih cepat menjadi berbahaya dibandingkan dengan infeksi cacing. Infeksi cacing yang sering dialami adalah cacing gelang, cacing kremi yang sering keluar pada anus di malam hari dan menyebabkan gatal. Dan yang satunya lagi adalah cacing pita yang sering terdapat pada daging yang tidak dimasak secara sempurna.

Pencegahan
Pencegahan infeksi cacing dilakukan terutama dengan menjaga kebersihan tangan kita dan anak kita. Dengan mencuci tangan secara teratur, menjaga kebersihan kuku, membiasakan memasak daging sampai masak dengan sempurna, sangat besar kemungkinan akan terhindar dari infeksi cacing pada anak.