Thursday, July 21, 2011

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Waktu adalah sesuatu yang sangat penting dalam menangani serangan jantung. Setiap menit di area jantung kekurangan darah dan oksigen serta banyaknya jaringan yang rusak atau mati. Nah jika darah dan oksigen jika darah dan oksigen dapat dihambat sehingga masih bisa mengalir ke jantung dan disimpan, maka kerusakan bisa dicegah.



Keberhasilan dari pertolongan pertama serangan jantung ini juga bergantung dari berapa banyaknya daerah yang yang mengalami sumbatan. Semakin sedikit daerah yang tersumbat,maka kemungkinan sembuhnya lebih besar.

Rata-rata pasien yang mengalami serangan jantung meninggal karena keterlambatan pertolongan, beratnya serangan jantung yang terjadi dan masalah kemampuan pasien untuk operasi.
Jika Anda mencurigai seseorang yang mengalami serangan jantung, tindakan cepat dapat menolong menyelamatkan nyawanya.

Bahkan jika Anda tidak yakin ia terkena serangan jantung, jangan terlalu lama berfikir, tapi lakukanlah hal-hal sebagai berikut:
  • Dudukkan atau baringkan pasien.
  • Berikan aspirin jika ia tidak punya alergi.
Aspirin akan menghambat darah menggumpal dan membantu darah tetap mengalir ke arteri. Dengan mengunyah aspirin selama serangan jantung bisa menurunkan resiko kematian hingga 25 persen.
  • Langsung telepon nomor darurat rumah sakit terdekat, lalu jelaskan gejala yang dialami secara singkat dan jelas, seperti "Pasien mengalami sakit dada yang parah dan kesulitan bernafas."
  • Waktu 1 jam 90 menit sejak terkena serangan jantung sampai perjalanan ke rumah sakit diharapkan masih bisa memberikan pertolongan ke pasien.

Gejala dari serangan jantung ini adalah:
Gejala Serangan Jantung