Tuesday, September 10, 2013

Kata Pakar Olahraga tentang Diet Sehat, Boleh Makan Enak Lho!

Semenjak obesitas dianggap penyakit, kini semakin banyak orang yang mulai hidup sehat. Namun sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan cara diet yang benar.

Sejumlah pilihan diet kini juga mulai mudah didapatkan. Seperti disampaikan dokter yang juga pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dr Michael Triangto SpKO. Ia mengatakan diet yang benar harus memiliki empat kriteria berikut:

1. Dapat dirasakan perbedaanya

"Diet yang benar itu dapat kita rasakan perbedaannya. Ketika timbangan turun berarti dapat dirasakan perbedaannya. Tapi diet mengandalkan ini saja, sebenarnya dengan tidak makan saja bisa dilakukan. Dengan suntik atau operasi juga bisa," ujar Michael.

2. Bisa dinikmati prosesnya

"Jika seseorang memiliki jeda untuk tidak makan agar kurus, apakah bisa dikatakan ia menikmati prosesnya? Jika makan ditahan, nikmat nggak tuh dietnya? Manusia kan setiap 4 jam akan kekurangan gula sehingga menyebabkan setiap 4 jam sekali kelaparan," ungkapnya.

3. Dapat dirasakan hasilnya

Michael berpendapat, ketika ada seseorang yang sukses dengan dietnya, pasti orang akan bertanya-tanya diet atau latihan macam apa sehingga bisa mendapatkan berat tubuh ideal. "Sesuatu yang baik jika kita dapat memperlihatkan hasilnya pada orang".

4. Dapat dikurangi lagi

"Jika seseorang turun berat badannya setelah itu naik lagi, bagaimana bisa. Berarti ada sesuatu yang salah. Dengan sport terapi, keempat hal ini bisa dicapai tanpa perlu olahraga mati-matian," tuturnya.

Michael menuturkan, dengan melakukan latihan seperti yang ia sarankan, maka semua makanan boleh dikonsumsi. Kuncinya, porsinya dikurangi.

"Nasinya kurangi seperempat dari makan bisa. Dan lauknya harus lebih sedikit dari nasi. Boleh makan apa saja, dan setelah itu latihan. Saya tidak mau menyebut olahraga, karena olahraga identik dengan latihan berat yang membuat pegal, lelah, sakit dan sebagainya. Jadi saya lebih senang dengan istilan latihan," katanya.

Dengan ini semua, seseorang bisa menurunkan berat tubuhnya dengan sehat. Jika latihan dan pola makannya teratur, saya bisa bilang 1 bulan bisa turun 3 kilogram.(Sumber: Liputan6.com)