Tuesday, September 10, 2013

Lirik Lagu Barat Picu Remaja Minum Alkohol

KOMPAS.com - Mendengarkan lagu-lagu barat populer sudah menjadi bagian dari gaya hidup, baik kalangan dewasa maupun remaja. Tetapi bagi remaja dan anak muda khususnya, menikmati lagu barat populer saat ini cenderung menimbulkan risiko.

Hasil analisa pengamat di Amerika Serikat menunjukkan, lirik lagu-lagu barat populer saat ini banyak yang merujuk pada merek minuman alkohol. Hal inilah yang dikhawatirkan memicu anak muda 

meminum alkohol dan melakukan hubungan seks.

Kajian pengamat menunjukkan, hampir seperempat dari lirik lagu yang beredar di Amerika saat ini memuat kata-kata tentang minuman alkohol . Hal ini telah terjadi selama tiga tahun belakangan pada lagu populer yang banyak beredar di tangga lagu.

Para ahli dari Boston University meneliti 720 lagu paling populer berdasarkan peringkat dalam majalah musik Billboard. Tahun kepopuleran lagu adalah 2009, 2010, dan 2011. Hasil kajian menunjukkan, 167 lagu menyebutkan alkohol. Sedangkan 46 lagu menyebutkan merk dagang minuman beralkohol secara spesifik.

Aliran musik rap, hip hop, dan R&B paling banyak menyebutkan minuman keras dengan porsi 38 persen. Aliran musik ini diisi artis favorit anak muda, seperti Rihanna dan Kanye West.

Jenis musik kedua yang banyak menyebutkan alkohol adalah country dengan 22 persen. Beberapa artis yang menyanyikan aliran ini adalah, Rita Ora dan Eric Church. Musik pop menempati urutan buncit dengan angka 15 persen.

Hampir semua lagu menyebutkan alkohol adalah sesuatu yang baik. Kemudian, lebih dari 16 persen lagu menghubungkan alkohol dengan seksualitas.

Professor Michael Siegel dari Boston University mengatakan, banyak lagu mempesonakan kebiasaan minum di bawah umur, konsumsi alkohol berlebihan, serta hubungannya dengan pesta dan hubungan seks.

"Sejumlah kecil merek minuman beralkohol juga sering disebut dalam lagu . Jika paparan lagu mempengaruhi kebiasaan minum generasi muda, maka perlu ada upaya kesehatan yang lebih fokus untuk masalah penggambaran alkohol dalam musik populer ini ," kata Siegel. Sumber 
: http://health.kompas.com