Tuesday, September 10, 2013

Masalah Pencernaan yang Sering Dialami Oleh Anak

Satu di antara tiga manusia sehat cenderung mengalami hipersensitif saluran cerna. Hal ini akan lebih sering lagi pada anak usia di bawah usia 5 tahun, dengan kemungkinan sekitar 30-40 persen anak mengalami hipersensitifitas saluran cerna. Karena sebagian besar pada anak, terjadi imaturitas atau ketidakmatangan saluran cerna. (sumber http://health.kompas.com)

Gangguan hipersensitif saluran cerna sering dianggap normal dan sering diistilahkan berbagai hal oleh para dokter seperti Gastrooesephageal Refluks, Dispepsia, Stomach Discomfort, lambung kecil, katub lambung belum sempurna, kekurangan enzim, penyerapan tidak bagus, alergi susu sapi atau berbagai istilah lainnya. Berbagai istilah tersebut kadangkala disebut berbeda oleh beberapa dokter pada pasien yang sama.

Masalah gangguan pencernaan sering dialami oleh anak, bisa berupa kembung, mual atau bahkan hingga muntah. Masalah gangguan pencernaan ini bisa mengakibatkan anak menjadi kehilangan selera makannya & bahkan terganggu asupan nutrisinya.

Masalah Pencernaan yang Sering Dialami Oleh Anak

Masalah gangguan pencernaan atau yang bisa disebut juga dengan indigestion atau dyspepsia ini biasanya terjadi ketika seseorang makan terlalu banyak, terlalu cepat atau bisa juga ketika memakan makanan yang tidak sesuai dengan pencernaan mereka.
Biasanya gangguan pencernaan tersebut juga dibarengi dengan heartburn, yaitu sensasi rasa panas di dada yang bisa menjalar hingga ke leher & tenggorokan.
Selain dari heartburn, gejala lain yang bisa dirasakan bila mengalami masalah gangguan pencernaan adalah :
  • Rasa sakit atau rasa terbakar di perut bagian atas
  • Mual
  • Perut kembung
  • Bersendawa yang tidak bisa dikontrol